Ronaldo Raih Penghargaan Gol Terbaik 2009


Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang meraih Ferenc Puskas Award, penghargaan untuk gol terbaik.

22 Des 2009 09:13:30

Cristiano Ronaldo, Real Madrid, FIFA World Player GALA 2009 (Getty Images)

Cristiano Ronaldo, Real Madrid, FIFA World Player GALA 2009 (Getty Images)

Hal-Hal Terkait

Tim

Pemain

Oleh Taufik BA.

Cristiano Ronaldo memang kalah dari Lionel Messi dalam persaingan meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Tahun Ini versi FIFA. Akan tetapi, pemain yang saat ini membela Real Madrid itu meraih penghargaan lain yang tak kalah bergengsinya.

Ronaldo meraih penghargaan Ferenc Puskas. Penghargaan itu diberikan kepada pemain yang dinilai telah mencetak gol dengan cara dan teknik yang luar biasa.

Gol Ronaldo yang dinilai luar biasa itu adalah saat ia masih membela Manchester United di musim lalu. Kala itu, ia memperkuat United di partai menghadapi FC Porto di perempat-final Liga Champions pada 15 April 2009. Ronaldo mencetak gol dari jarak 40 meter lebih dengan tendangan kerasnya, di mana bola bersarang di sudut gawang Porto.

Dari 120 ribu orang yang memberikan penilaian di situs resmi FIFA, dengan sepuluh pilihan yang tersedia, gol Ronaldo itu memperoleh suara terbanyak dengan 17,68 persen.

“Saya sangat bangga dengan penghargaan ini, sebuah penghormatan besar untuk saya,” kata Ronaldo usai acara penganugerahan penghargaan tersebut di Zurich, Swiss, Selasa (22/12).

Ronaldo juga menjadi orang pertama yang memperoleh penghargaan tersebut, karena penghargaan Ferenc Puskas baru digagas tahun ini.

Tempat kedua gol terbaik menjadi milik Andres Iniesta, saat mencetak gol penyama kedudukan di semi-final Liga Champions ke gawang Chelsea. Gol terbaik ketiga menjadi milik Grafite dengan gaya back-heeled.

Leave a comment